Rabu, 18 Maret 2009

The New Event for Local Band

Salam buat seluruh pecinta musik di tanah air. Belakangan ini kita tahu bahwa industri musik tanah air semakin menggeliat, baik indie maupun major label. Hal ini tentu merupakan suatu keadaan yang positif, karena kita semua berharap bahwa para pemusik lokal bisa menjadi "raja" di tanah air.
Sebagai salah satu pecinta musik lokal, saya mempunyai saran kepada rollingtone indonesia agar bisa semakin berkontribusi dalam memajukan industri musik lokal. salah satu langkahnya adalah dengan mengadakan event sendiri tiap bulannya.Karena saya pernah melihat foto di salah satu edisi rollingstone bahwa kantor rollingstone yang terletak di jalan ampera pernah mengadakan suatu event.
Bagaimana jika pihak rollingstone membuat suatu event bulanan yang menampilkan band-band lokal mulai dari jago-jago indie seperti The Brandals, Seringai, Netral, The Hydrant, The Sigit hingga para pendatang baru seperti Jagostu, 70's orgasm club. Sehingga bisa untuk menjadi wadah "bermain" bagi band-band tersebut. Seperti trax fm dengan terusik trakustik. Mungkin event ini bisa diadakan pada midweek atau weekend, itu tak jadi soal.
Selain bisa menjadi tempat unjuk gigi, pada event ini para band-band tersebut bisa juga menjual marchendise mereka seperti layaknya sebuah workshop, karena kita tahu bahwa banyak band-band indie lokal yang mencari "tambahan" dengan menjual marchendise mereka dan marchendise mereka biasanya laku, walaupun yang versi bajakannya lebih banyak dijual di market.
Untuk tiket masuk pihak rollingstone bisa menjualnya dengan cara menempelkannya di majalah rollingstone, sehingga dengan demikian oplah penjualan majalah rollingstone sendiri akan meningkat seiring dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke event tersebut. Yang jelas apabila untuk tiket memakai cara ini, maka event ini diadakan pada pertengahan bulan, setelah majalah rollingstone sampai di tangan para pembaca. Satu kupon mungkin bisa berlaku untuk 2 orang, atau 1 orang saja, itu terserah pihak rollingstone.
Sedangkan untuk sponsor, saya yakin pihak rollingstone pasti lebih tahu dan berpengalaman dari saya, selain itu brand rollingstone sendiri merupakan suatu brand internasional yang identik dengan rock n roll, sehingga saya yakin soal sponsor tidak terlalu susah. Dan setelah satu periode event ini bergulir, bisa diliris album kompilasi para band yang tampil. Karena di Indonesia album yang merupakan kumpulan live concert masih jarang. Selain itu saya juga berharap event ini bisa menjadi semacam the new legendary venue seperti parc, bulungan, dan venue-venue lainnya.
Untuk nama event ini sendiri, apabila diadakan pada hari minggu, salah satu nama yang terlintas di benak saya ialah Sunday Rock Section (SRS), sehingga dalam beberapa hari kedepannya para penikmat musik mempunyai "bahan bakar" dalam menjalani aktivitas mereka sehari-hari dan weekend mereka terasa semakin sempurna.Dan setidaknya dalam satu bulan, kita mempunyai "sesuatu" yang layak untuk ditunggu-tunggu untuk melepaskan adrenalin dan hasrat terhadap rock n roll.
Ini hanya merupakan salah satu saran saya agar dunia musik Indonesia semakin berkaembang ke arah yang lebih baik, dan saya merasa bahwa pihak rollingstone mempunyai kapasitas untuk itu. Demikianlah salah satu saran saya yang saya harap mungkin bisa berguna. Salam untuk para pecinta musik tanah air. Just Keep ROCKing AND ROLLing!!!

1 komentar:

stiffler mengatakan...

gw setuju banget..

kalau jama dulu di inggris, pada saat sex pistols baru mulai, mereka maen di pub...

tetapi bedanya sama di insonesia, budaya pub di sini gak terlalu populer.. jadi satu2 nya jalan untuk tampil adalah lewat event...
tapi masalah nya untuk tampil di event harus populer...
dan untuk populer harus komersil..

jadi jakarta mencekik kreatifitas warganya sendiri dengan tidak menyediakan tempat untuk menunjukan kreatifitas mereka...

the sex pistols percaya bahwa orang ga harus bisa maen solo gitar ber jam2 atau punya suara bagus untuk tampil...

karena bagaimana pun jeleknya suara orang, atau bodohnya permainan gitar orang,..
art is an expression of one's self...