Minggu, 25 Januari 2009

Sekilas Tentang Donor Darah

Donor darah, suatu kegiatan yang akrab namun asing sekaligus. Akrab karena kata tersebut sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sering kita bahas dan kita juga tahu betapa pentingnya sekantong darah tersebut untuk kelangsungan hidup seseorang. Namun kata tersebut juga sekaligus asing karena masih jarang dari kita yang menyempatkan waktu untuk berkunjung dan mendonorkan darahnya. Padahal donor darah berimbas positif bagi sang pendonor dan sang penerima.

Donor darah sendiri berarti kita sebagai pendonor memberikan darah kita kepada suatu mediator (biasanya Palang Merah Indonesia yang disebut Bank Darah) yang kemudian akan mendistribusikan darah kita kepada pihak yang membutuhkan. Seperti kita ketahui, donor darah sangat penting dan memegang peranan vital untuk pengobatan berbagai penyakit dan kecelakaan. Misalnya Demam Berdarah Dengue (DBD), pasca melahirkan hingga korban kecelakaan.

Selain memegang peranan penting dalam pengobatan berbagai penyakit, donor darah juga berguna bagi si pendonor. Karena donor darah dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung, mengurangi kekentalan darah karena apabila darah terlalu kental dapat terjadi penyumbatan pembuluh darah dan mengurangi kadar zat besi pada darah. Donor darah juga mengajarkan salah satu nilai kemanusiaan, yaitu berbagi, karena seperti kita ketahui bahwa berbagi itu indah dan merupakansifat dasar manusia.
Hanya saja tidak semua orang bisa menjadi donor darah. Untuk menjadi pendonor diharuskan berusia 17-60 tahun, berat badan minimum 45 kg, tekanan darah normal dan temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat celcius (untuk info lebih jelas kunjung http://www.palangmerah.org/pelayanan_transfusi.asp)

Apabila Anda sudah merasa yakin sehat wal’afiat dan mempunyai niat untuk mendonorkan darah Anda, anda tinggal datang ke kantor PMI (Palang Merah Indonesia Pusat) di Jl. Pecenongan no 82 Jakarta Pusat. Di sana Anda bisa mendonorkan darah kapan saja 24 jam sehari dan Anda bisa mendapatkan berbagai info tentang donor darah sekaligus mengecek apakah Anda benar-benar sehat. Jadi, apabila Anda ingin menolong saudara-saudara Anda, Anda tahu harus kemana. Terima kasih.

Tidak ada komentar: